LPM 12 Okt 2015

Latar Belakang

Sebagaimana layaknya suatu perguruan tinggi maka UIR telah mencantumkan tridharma sebagai tugas pokoknya. Dalam Statuta UIR tidak disebutkan Tri Dharma melainkan catur dharma didefinisikan sebagai tugas pokok UIR sebagai lembaga perguruan tinggi untuk menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran berdasarkan kebudayaan bangsa Indonesia secara ilmiah dan meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan peraturan dan perundangan yang berlaku.

 

Untuk menjalankan tugas itu dalam struktur organisasinva UIR telah memperlengkapi dirinya dengan suatu lembaga khusus Yaitu Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Islam Riau atau LPM UIR.

 

Selayaknya LPM UIR telah ada sejak UIR didirikan pada tanggal 4 september 1962 oleh Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Riau. Telah silih berganti pejabat yang memimpin LPM, namun dokumen mengenai hal in) telah sulit dicari sehingga sejarahnya belum begitu terekam.

 

Sebagai suatu lembaga selayaknya pulalah LPM mempunyai visi, misi dan program untuk menjadi pedoman sehingga kinerjanya dapat diukur. Dalam rangka inilah pedoman dan program ini dikonsep. Konsep itu telah disajikan, dibahas dan dengan berbagai perbaikan dan perubahan disetujui seluruh Fakultas dan Pimpinan UIR dalam musyawarah yang diadakan pada tgl. 14 Januari 2002

 

Salah satu yang sangat disadari bersama bahwa pertumbuhan dan pembaharuan memiliki  dua makana : makan materil dan spiritual. Untuk meraih makna materil perlu dikembangkan ukuran kuantitatif maupun kualitatif secara optimal. Sedang untuk meraih makan spiritual perlu ditumbuhkembangkan keimanan dan karakter rasa cinta tanah air. Menyadari hal itu UIR sangat membutuhkan adanya upaya peningkatan citra dan kualitas fisik. Dengan memperhatikan isu-isu baik internal maupun eksternal serta pengkajian mendalam

Untuk mencapai visi dan misi yang telah ditetapkan, UIR menyusun sasaran, stratetgi dan kebijakan sampai dengan tahun 2020 yang akan dicanangkan dalam dokumen Renstra.renstra tersebut disusun secara mendalam. Mengacu pada isu-isu internal maupun eksternal.prioritas pengembangan UIR diarahkan yang selalu mengikuti perkembangan zaman dan bermutu.yang berarti bermutu dalam aspek layanan dan proses belajar mengjarsehingga berdaya saing tidak hanya ditingkat local dan nasonal tetapi juga ditingkat internasional.

Rencana Induk Pengembangan (RIP) LPM adalah sebuah pedoman dan arahan kebijakan bagi pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat unggulan dan strategis yang telah digariskan oleh UIR.

Terdapat lima aspek yang mendukung penyusunan RIP LPM ini, yaitu visi, dan Misi UIR, riwayat perkembangan dan capaian pengabdian kepada masyarakat, peran unit kerja pengelola pengabdian kepada masyarakat, potensi yang dimiliki dibidang pengabdian kepada masyarakat dan pengembangan kapasitas LPM UIR.

RIP LPM UIR, termasuk rod- map pengabdian masyarakat unggulan yang ada didalamnya tersebut disusun menggunakan dua pendeketan, yaitu button-up  dan top-down.secara buttom-up,ide-ide RIP LPM diambilkan dari beberapa komponen berikut:

1. Kompetensi strategis dari para dosen UIR.

2. Hasil dari rumusan beberapa pengabdian kepada masyarakat internal dan eksternal UIR.

3. Data base karya ilmiah yang dihasilkan oleh para dosen.

 

Secara top-down, RIP LPM telah diselaraskan dengan: 

1. Statuta UIR

2. Rencana Induk Pengembangan UIR

3. Rencana strategis UIR 2020.

 

[ ]